Sabtu, 29 November 2008

Astronot Endeavour Sukses Selesaikan Misi



Selasa, 25 November 2008 07:32 WIB
CAPE CANAVERAL, SENIN - Spacewalk keempat mengakhiri misi para astronot Endeavour di stasiun antariksa internasional (ISS). Dua orang astronot menyelesaikan misi utamanya memperbaiki sistem engsel pemutar sel surya yang macet selama lebih dari setahun.
"Akhirnya," ujar Stephen Bowen, salah satu astronot yang melakukan misi tersebut dengan berjalan langsung di luar wahana dengan bertumpu pada ujung lengan robotik. Sementara Bowen membereskan pekerjaannya, astronot lainnya, Shane Kimbrough melumasi engsel lainnya meski masih bekerja dengan baik.
Misi terakhir yang berjalan mulsu melegakan semua orang termasuk para insinyur di pusat pengendali misi di Houston, Texas, AS. Apalagi spacewalk pertama yang dilakukan lebih dari seminggu lalu sempat diwarnai insiden lepasnya tas berisi peralatan kerja ke luar angkasa.
Meski tugas utama selesai, para astronot masih harus menyelesaikan tugas tambahan untuk memperbaiki mesin pengubah urine menjadi air siap minum yang belum bekerja dengan baik. NASA telah memperpanjang misi para awak Endeavour dari 15 hari menjadi 16 hari khusus untuk melakukan perbaikan tersebut.
Mesin tersebut sudah dioperasikan, namun mati pada Minggu (23/11) setelah bekerja selama kurang dari tiga jam. Setelah diperbaiki, uji coba selama 4 jam akan dilakukan pada Senin (24/11).
Kalaupun mesin tersebut sudah dapat bekerja kembali, hasil pemurniannya belum akan diminum. Sampel hasil pemurnian akan dibawa para astronot Endeavour untuk dites di laboratorium NASA apakah layak diminum. Sampel berikutnya juga akan diambil lagi pada peluncuran Februari nanti untuk memastikan mesin tersebut bekerja dengan sempurna.
Mesin pemurni air senilai 154 juta dollar AS itu dibawa Endevaour bersama dapur, kamar mandi, dua tempat tidur baru, perlengkapan kebugaran tambahan, dan sebuah penyimpan makanan. Peralatan-peralatan tersebut disiapkan agar ISS dapat dihuni 6 orang mulai tahun depan dari 3 orang saat ini.
Dengan perpanjangan satu hari, Endeavour dijadwalkan mendarat kembali pada Minggu (30/11). Seperti misi-misi sebelumnya, para astronot akan melakukan inspeksi menggunakan lengan robotik untuk memastikan tidak ada cacat di badan pesawat ulang alik sehingga aman kembali ke Bumi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar